PERTANYAAN ANDA

Frequently Asked Questions

Most Common Questions
Apa yang di maksud website?

Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Atau definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Apa yang dimaksud dengan domain?

Domain pada umumnya dikenal sebagai alamat unik untuk sebuah website. Sebagai contoh, alamat website IdeBagus adalah www.beitsolution.net dan yang biasanya disebut nama domain adalah beitsolution.net (tanpa www).

Domain dengan sendirinya hanya berupa alamat web. Agar domain dapat berfungsi sebagai alamat email atau website, maka dibutuhkan hosting. 

Apa yang dimaksud dengan Hosting?

Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall.

Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting seperti beitsolution menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing.

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth?

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.

Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.

Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel.

Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

Apa yang dimaksud dengan subdomain?

Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, untuk area utama website kami, digunakan www.beitsolution.net dan untuk area pelanggan/anggota digunakan subdomain my.beitsolution.net Dalam contoh tersebut, "www" dan "my" adalah nama subdomain.

Apakah yang dimaksud dengan DNS?

DNS adalah sistem alamat untuk Internet. Hampir semua yang berhubungan dengan Internet (misalnya, komputer, perangkat bergerak, laptop, ATM, dan terminal POS) mengandalkan layanan DNS untuk saling bertukar informasi. DNS menggunakan server khusus untuk menerjemahkan (atau memecahkan) nama seperti www.verisigninc.com ke alamat numerik yang memungkinkan data dan informasi mencapai tujuannya. Semua aplikasi Internet, mulai dari situs web, email, jejaring sosial, dan perbankan online hingga Voice over Internet Protocol (VoIP), berbagi file, dan video on demand, bergantung pada keakuratan dan integritas terjemahan ini. Tanpa DNS, Internet tidak dapat berfungsi. DNS bersifat integral terhadap infrastruktur penting negara, operasi bisnis online, dan transaksi keuangan, serta semua komunikasi berbasis Internet.

Apa itu Domain Parking?

Domain Parking (disebut juga Domain Pointer atau Domain Alias) adalah sebuah fitur untuk mengarahkan sebuah domain ke domain yang lain.

Domain tersebut di-park ke domain beitsolution.net, selama anda browsing dengan alamat www.beitsolution.com, apa yang terlihat sebenarnya ada di beitsolution.net.

Bagaimana cara kerja DNS?

Ruang nama domain terdiri atas struktur pohon nama domain, yang dibagi lagi ke dalam zona. Zona akar atau tingkat atas diatur oleh Departemen Perdagangan (DoC) AS dan dikelola bersama oleh Verisign dan operator fungsi Internet Assigned Numbers Authority (IANA), yang menyimpan data di server nama akar.

Zona DNS terdiri atas kumpulan nodus terhubung yang ditangani oleh server nama resmi. Server nama resmi untuk zona berbeda bertanggung jawab menerbitkan pemetaan nama domain ke alamat IP. Masing-masing nodus atau daun di struktur pohon ini memiliki nol catatan sumber daya atau lebih yang menyimpan informasi terkait dengan nama domain. Setiap nama domain diakhiri dengan domain tingkat atas (TLD) seperti .com atau .tv.

Agar Internet dapat berfungsi dan untuk mencegah duplikasi nama domain, harus tersedia satu tempat resmi untuk mendaftarkan nama domain. Setiap TLD memiliki registri resmi yang mengelola database terpusat. Registri ini menyebarkan informasi tentang nama domain dan alamat IP dalam file zona TLD. File zona TLD memetakan nama domain tingkat kedua aktif (bagian nama domain tepat di sebelah kiri ".") ke alamat IP unik server nama.

Apakah yang dimaksud dengan serangan man-in-the-middle (MITM)?

Serangan man-in-the-middle (MITM) secara diam-diam akan mengganggu dan mengubah komunikasi di antara dua sistem. Penyerang dapat berpotensi mengubah komunikasi untuk mengalihkan lalu lintas ke alamat atau situs web yang tidak sah. Pengguna akhir tidak mendeteksi "man in the middle" dan menganggap bahwa mereka sedang berkomunikasi langsung ke tujuan yang diinginkannya.

Riwayat Domain .com

.com diperkenalkan sebagai salah satu TLD (top-level domain/domain tingkat atas) saat Sistem Nama Domain pertama kali diterapkan untuk digunakan di internet pada Januari 1985. Pada awalnya, .com dibuat untuk menunjukkan tujuan “komersial” situs web. Namun kini .com telah menjadi pusat revolusi digital yang mengubah cara kerja, kehidupan, hiburan, dan komunikasi seseorang dengan keluarga dan teman.

Sejarah Rinci .com

John Postel, editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1994.

Pada tahun 1994, Jon Postel membuat gambar pemetaan domain tingkat atas Internet dengan tangan. Foto oleh Irene Fertik, USC News Service. ©1994, USC.

.com pertama diklaim pada 15 Maret 1985 oleh produsen komputer Symbollics, Inc. Sebelumnya, Internet merupakan proyek besar yang dilakukan universitas dan pakar komputer yang menggunakan jaringan untuk penelitian dan komunikasi. Seiring maraknya individu dan lembaga yang mulai menggunakan jaringan tersebut, komunikasi elektronik pun menjadi semakin sulit dikelola. Mengetahui cara merutekan pesan secara manual melalui gateway menjadi salah satu bentuk seni, dan seiring dengan semakin padatnya lalu lintas surel (email), pengguna kadang-kadang diminta untuk berhenti menggunakan sambungannya.

Perlunya prinsip pengelolaan menjadi semakin jelas seiring dengan semakin banyaknya entitas yang terhubung ke internet yang sedang berkembang. Jon Postel bersama rekannya di Information Science Institute, University of Southern California membuat keteraturan untuk dunia yang semakin kacau ini.

Postel menjadi editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1969. Sebagai editor RFC, Postel bersama rekannya membentuk internet sebagaimana yang kita ketahui saat ini. Pada Oktober 1984, RFC 920 "tentang persyaratan pembuatan domain baru dalam komunitas penelitian ARPA-Internet dan DARPA" diterbitkan, yang menetapkan tahapan lahirnya.com.

Meskipun kita mengetahui bahwa .com pertama dimiliki oleh symbolics.com pada tanggal 15 Maret 1985, namun asal-usul munculnya .com masih kurang jelas. Menurut Craig Partridge, kepala ilmuwan di Raytheon BBN Technologies, nama untuk domain berevolusi saat sistem ini dibuat. Pada awalnya, domain untuk perusahaan yang diajukan adalah .cor, namun saat versi akhir diluncurkan diubah menjadi .com.

Jack Haverty, pelopor Internet di MIT, mengatakan bahwa mereka tidak terlalu memikirkan soal bisnis saat mengembangkan domain tingkat atas tersebut. "Menurut saya, .com awalnya berasal dari kata "company", bukan "commercial." .com tidak diartikan sebagai tempat "usaha" yang dikunjungi konsumen untuk membeli sesuatu," tulisnya dalam email. ".COM adalah perusahaan yang menangani kontrak kerja pemerintah. Internet tidak disewakan untuk menghubungkan perusahaan, melainkan jaringan prototipe perintah dan kendali militer, yang diciptakan oleh entitas pendidikan dan pemerintah, beserta kontraktor." Namun mereka sepertinya mengerti bahwa dunia komersial akan turut memanfaatkannya.

"Saya tidak ingat apa ada yang pernah membayangkan bahwa kami sedang menciptakan struktur organisasional untuk merangkul ratusan juta entitas di planet ini dalam mendukung semua aktivitas penghuninya. Dan tentunya tidak ada yang mengira akan bertahan lebih dari 30 tahun, meskipun sebagai bahan percobaan. Semua terjadi begitu saja."

- Jack Haverty, Pelopor Internet
Apakah itu SEO??

SEO (Search Engine Optimization) atau optimalisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan dari mesin pencari menuju alamat situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan klik pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media bisnis, kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan B2C atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (ecommerce).

Apa itu CMS??

Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

  • Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • Aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Apa Kriteria Desain Website/blog yang baik??
  • Waktu loading yang cepat
    Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama. Apabila wesite Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website/blog Anda. Biasanya ini terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.
  • Tidak memiliki halaman antara
    Halaman antara adalah halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama ditampilkan yang biasanya disebut dengan Splash Page atau Intermission. Halaman seperti ini biasanya berisi ucapan selamat datang atau bahkan iklan. Halaman seperti ini sering ditemukan, seringkali hanya berisi logo website/blog dengan tulisan “Click here to Enter Site” di bawahnya. Hal ini sungguh mengganggu bagi pengunjung website Anda.
  • Tidak memuat file multimedia yang terlalu banyak
    Video dan audio adalah konten multimedia yang cukup mengganggu pengunjung dan memang tidak efektif. Biasanya pengunjung akan langsung mengecilkan volume atau bahkan menutup website/blog Anda. Apabila file multimedia memang diperlukan, buat agar file tersebut tidak langsung dijalankan pada saat website dibuka dan tambahkan link untuk mengaktifkan file multimedia tersebut. 
    Bentuk lain yang cukup mengganggu adalah gambar animasi, sebisa mungkin tempatkan gambar animasi di luar konten utama website Anda sehingga pengunjung tidak terganggu ketika berusaha membaca konten tersebut.
  • Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas
    Pengunjung akan segera meninggalkan website/blog Anda jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website Anda. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda. 
    Tempatkan tautan ini pada tempat yang mudah dijangkau dan jelas terlihat. Hindari pemuatan tautan yang menuju halaman website yang masih dalam pengembangan. Sebagai alternatif, berikan pesan yang menyebutkan bahwa halaman tersebut akan dapat diakses pada jangka waktu tertentu.
  • Memiliki desain dengan struktur yang tepat dan mudah dimengerti
    Tentukan struktur penempatan konten website seperti header, footer, menu navigasi dan blok iklan. Usahakan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak dibuat bingung dengan misalnya, menu yang berpindah-pindah.
Memilih domain yang baik

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengganti deretan angka identitas dalam jaringan yang disebut IP Address. Dengan adanya domain maka sebuah alamat web/blog gampang dikenal dan diingat oleh pengunjungnya.

Dari sisi lain, sebuah domain adalah sebuah merk dagang di dunia internet sehingga kita sebagai pemilik harus mencari nama yang tepat agar gampang diingat oleh pengunjung dan tentunya sesuai dengan isi web/blog. contoh untuk nama hotel, nama perusahaan atau kantor bahkan nama pribadi.

Beberapa pertimbangan dalam memilih domain adalah :

  • Mebuat nama yang identik dengan pemilik atau isi web/blog. Misal untuk toko online kaos anda bisa memberi nama kaos-cantik, toko-kaos, kaos-murah dan lainya.
  • Singkat, jelas dan mudah diingat. 
    Jangan membuat domain lebih dari 3 kata, usahakan seperti pada poin pertama. Hindari penamaan seperti toko-online-murah-meriah, atau kantor-pemerintah-kota-namakota karena ini sangat menyulitkan. 
    Atau kadang kita temui dengan nama yang menggunakan bahasa daerah, ini juga kurang baik karena domain digunakan didunia internet dengan pangsa pasar global.
  • Kemudian, web/blog ini digunakan untuk keperluan apa. Misal untuk toko online yang sifatnya komersil lebih disarankan .com, untuk kantor pemerintahan .gov atau .go.id, untuk universitas .ac.id dan lainya. Memang tidak ada aturan, undang-undang atau hukum yang mengatur ini, tapi masing-masing kategori sudah disediakan berdasarkan fungsinya. go.id (goverment indonesia) atau .gov (government), .ac.id (academic id), .com (commercial) atau .co.id (commercial indonesia) dll.
  • Penerapan Multimedia

    Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.

    Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :

  • Bisnis
    Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang 
    memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
  • Pendidikan 
    Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama 
    ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
  • Rumah 
    Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang 
    menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
  • Tempat umum 
    Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
  • Melihat pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti :

    Multimedia dalam bisnis

  • Company Profile
  • Presentasi Bisnis
  • Simulasi atau demonstrasi produk
  • dll
  • Multimedia dalam pendidikan

  • Media pembelajaran
  • Simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll
  • Multimedia dalam bidang kesehatan

  • Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
  • Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
  • Media penyuluhan kesehatan
  • Multimedia dalam bidang keagamaan

  • Ceramah agama di televisi dan radio
  • Quran digital dengan gambar dan suara
  • Doa dengan gambar dan suara
  • Simulasi sholat dan wudhu
  • Design Grafis

    Design grafis, apa itu?

    Karya Seni identik dengan suatu yang unik. Oleh karenanya seorang seniman dalam melahirkan karyanya selalu mencari bentuk, bentuk baru. Untuk itu diperlukan sesuatu yang unik. Ini berarti sesuatu yang belum pernah atau mungkin jarang dipakai oleh seniman lain pada karya-karya sebelumnya.

    Definisi Desain Grafis?

    Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

    Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual.

    Sebagaimana layaknya informasi yang disampaikan menggunakan bahasa lisan (suara) yang dapat disampaikan secara tegas, ceria, keras, lembut, penuh gurauan, formal, dan sebagainya dengan menggunakan gaya bahasa dan volume suara yang sesuai, Desain grafis juga dapat melakukan hal serupa. Kita dapat merasakan sendiri setelah membaca sebuah berita (tulisan), melihat foto atau ilustrasi, melihat permainan warna dan bentuk dari sebuah karya design yang berbentuk publikasi cetak, nuansa yang ditimbulkannya. Apakah informasi itu tegas, formal, bergurau, lembut, anggun, elegan dan sebagainya.

    Kenapa kita dapat merasakan hal itu? Kenapa obyek publikasi itu bisa menimbulkan kesan dan pesan sesuai dengan yang ingin disampaikan hingga dimengerti oleh kita sebagai pembaca? Jawabannya adalah karena adanya unsur-unsur design dan prinsip-prinsip design yang ada dalam sebuah karya design tersebut, baik disadari maupun tidak disadari oleh pembuatnya.

    Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis

    Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai " aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri". Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi. 

    Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat. 

    Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi. 

    Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition). 

    Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual. 

    Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan

    Kategori Desain Grafis

    Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori :

    1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 

    2. Web Desain: desain untuk halaman web. 

    3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi. 

    4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. 

    5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

     

    Bidang Komunikasi Grafis

    Komunikasi Grafis merupakan bidang profesi yang berkembang sangat pesat sejak Revolusi Industri (abad ke-19) disaat informasi melalui media cetak makin luas digunakan dalam perdagangan (iklan, kemasan), penerbitan (koran, buku, majalah) dan informasi seni budaya. Perkembangan bidang ini erat hubungannya dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat yang dapat dipetik dari keakuratan penyampaian informasi pada masyarakat. 

    Perkembangan di atas juga dipacu oleh kesadaran yang makin tinggi pada efektivitas bahasa rupa (visual) dalam komunikasi masa kini. Bila pada awal munculnya mesin cetak abad ke-15 istilah bidang ini adalah“graphic arts” yang masih dikonotasikan dengan seni, maka abad ke-20 istilahnya menjadi “graphic communication” atau juga “visual communication”. Hal ini menggambarkan peranan komunikasi sebagai 

    kunci profesi dalam bidang ini. 

    Saat ini peranan komunikasi yang diemban makin beragam: informasi umum (information graphics, signage), pendidikan (materi pelajaran dan ilmu pengetahuan, pelajaran interaktif pendidikan khusus), persuasi (periklanan, promosi, kampanye sosial) dan pemantapan identitas (logo, corporate identity, branding). Munculnya istilah “komunikasi visual” sebenarnya juga merupakan akibat dari makin meluasnya media yang dicakup dalam bidang komunikasi lewat bahasa rupa ini: percetakan / grafika, filem dan video, televisi, web design dan CD interaktif. 

    Perkembangan itu telah membuat bidang ini menjadi kegiatan bisnis yang sekarang sangat marak melibatkan modal besar dan banyak tenaga kerja. Kecepatan perkembangannya pun berlomba dengan kesiapan tenaga penunjang pada profesi ini. Karena itu perlu disiapkan suatu standar yang dapat jadi acuan bagi tenaga kerja dalam profesi ini, baik dalam posisinya dalam jenjang ketenagakerjaan maupun dalam perencanaan pendidikan penunjangnya. 

    Standardisasi yang saat ini dibuat tak mungkin menahan laju perkembangan bidang Komunikasi Grafis. Tetapi dengan melihat apa yang telah terjadi baik di negeri orang maupun di negeri sendiri, diharapkan usaha membuat acuan dapat mengantisipasi cukup panjang menghadapi perkembangan bidang ini.

    Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual

    Tugas penyusunan kompetensi ini adalah pada bidang Komunikasi grafis, istilah yg diberikan oleh Dikmenjur setelah berkonsultasi dengan Ditjen Grafika. Kata Grafis sendiri mengandung dua pengertian: 

    (1) Graphein (lt.= garis, marka) yang kemudian menjadi Graphic Arts atau Komunikasi Grafis, 

    (2) Graphishe Vakken (bld=pekerjaan cetak) yang di Indonesia menjadi Grafika, diartikan sebagai percetakan. 

    Dalam pengertian ini Komunikasi Grafis adalah pekerjaan dalam bidang komunikasi visual yang berhubungan dengan grafika (cetakan) dan/atau pada bidang dua dimensi dan statis (tidak bergerak dan bukan time-based images). 

    Dasar terminologi perlu untuk menjelaskan beda antara Komunikasi Grafis dengan Komunikasi Visual. 

    Komunikasi visual merupakan payung dari berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan unsur rupa (visual) pada berbagai media: percetakan / grafika, luar ruang (marka grafis, papan reklame), televisi, film/video, internet dll, dua dimensi maupun tiga dimensi, baik yang statis maupun bergerak (time based). 

    Sedangkan Komunikasi Grafis merupakan bagian dari Komunikasi Visual dalam lingkup statis, dua dimensi, dan umumnya berhubungan dengan percetakan / grafika. Dalam lingkup terminologi ini standar kompetensi Komunikasi Grafis dibuat. 

    Bidang profesi Komunikasi Grafis meliputi kegiatan penunjang dalam kegiatan penerbitan (publishing house), media massa cetak koran dan majalah, periklanan (advertising), dan biro grafis (graphic house, graphic boutique, production house). Selain itu komunikasi grafis juga menjadi penunjang pada industri non-komunikasi (lembaga swasta / pemerintah, pariwisata, hotel, pabrik / manufaktur, usaha dagang) sebagai inhouse graphics di departemen promosi ataupun tenaga grafis pada departemen public relation perusahaan. 

    Pekerjaan Komunikasi Grafis meliputi olah gambar/images (gambar ilustrasi, fotografi), olah teks/tipografi (cipta dan susun huruf) dan penggabungan unsur teks dan images ke dalam rancangan/design yang siap dilaksanakan. Dalam kenyataan di lapangan, situasi kegiatan komunikasi grafis di Indonesia tak sepenuhnya seperti diagram umum di atas. Olah huruf / type design & typography yang di beberapa negara maju merupakan profesi khusus ( mendesain font / typeface, hand lettering, tipografi / olahan tata huruf ) di Indonesia tak berkembang menjadi bidang profesi tersendiri (pernyataan Bp. Danton Sihombing MFA pakar bidang huruf). Di Indonesia olah huruf pada era digital dikerjakan sendiri di komputer oleh desainer ataupun operator atas petunjuk desainer. Meski ada juga yang olah huruf khusus seperti hand lettering dan Kaligrafi tidak merupakan bidang 

    spesialisasi profesi yang berkembang baik. Karena itu dalam standar kompetensi komunikasi grafis ini olah huruf/tipografi tak dibuat sebagai sub-bidang kompetensi tersendiri, tetapi menjadi subkompetensi untuk sub bidang desain grafis. 

    bidang Komunikasi Grafis dipilah menjadi 3 sub-bidang: 

    Desain Grafis: merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik. 

    Ilustrasi: menampilkan informasi dengan ketrampilan gambar tangan dan penuangan daya imajinasi. 

    Fotografi: menampilkan informasi dengan ketrampilan menangkap cahaya melalui kamera dankepiawaian memilih / mengolah hasil bidikan.